PowerPoint Picture Presentation VS PDF

0
1710
belajar power point

Oleh : Odit Dwipantopo

Ada dua cara yang biasa dilakukan untuk melindungi sekaligus mengurangi ukuran file presentasi. Yang paling banyak dilakukan adalah mengubah jenis file menjadi PDF. Cara lainnya adalah dengan menyimpan file sebagai PowerPoint Picture Presentation. Kedua cara ini memang terbukti ampuh dalam memperkecil ukuran file. Namun setiap cara tentunya memiliki kelebihan masing-masing. Pada artikel ini kedua cara akan disandingkan kelebihannya dibanding cara yang lain, sehingga Anda dapat memilih cara yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

PowerPoint Picture Presentation

1.     Efek Transisi Bisa Anda Terapkan

Pada dasarnya PowerPoint Picture Presentation masih bertipe .ppt atau .pptx, sehingga Anda dapat memberikan efek transisi pada slide-slide Anda. Dengan transisi pun Anda dapat menjalankan presentasi secara otomatis.

2.     Anda Dapat Menambahkan Background Music

Sebagai pengantar selama presentasi, terkadang Anda membutuhkan musik untuk pensuasanaan. Jika Anda mengubah file menjadi PowerPoint Picture Presentation, Anda tidak perlu membuka software pemutar music, Anda dapat langsung memasukkannya pada slide.

PDF (Portable Document Format)

1.     Hyperlink dan Action Masih Bertahan

Jika Anda menggunakan fitur Action atau Hyperlink, semuanya masih bertahan ketika Anda mengubah file menjadi PDF. Tentu saja pastikan file yang Anda tuju ada ketika Anda menggunakan Action atau Hyperlink untuk membuka suatu file. Namun untuk Action seperti membuat suara muncul tentunya akan menghilang, karena format PDF tidak mendukung suara.

2.     Ukuran File Lebih Kecil

PDF merupakan singkatan dari Portable Document Format. Dari namanya saja sudah memperlihatkan bahwa PDF memang didesain untuk mudah dibawa. Bila dibandingkan dengan PowerPoint Picture Presentation, format PDF memang memiliki ukuran lebih kecil. Apalagi ketika mengubah menjadi PDF, Anda dapat memilih Minimum Size sehingga ukuran benar-benar menjadi sangat hemat.

powerpoint-picture-presentation-vs-pdf_1

3.     Memilih Slide Sesuka Hati

Jika Anda tindak ingin memberikan semua slide Anda, PDF memang pilihan yang tepat. Anda dengan bebas dapat memilih slide mana yang ingin Anda ubah formatnya menjadi PDF. Anda tinggal menentukan slide awal dan slide akhir. Anda pun mendapatkan PDF yang Anda inginkan.

LEAVE A REPLY