PowerPoint 2010 VS PowerPoint 2013 Bagian 3

0
629
belajar power point

Oleh : Odit Dwipantopo

Selain teks dan juga gambar, tidak jarang Anda akan menggunakan media lain seperti video maupun audio untuk kepentingan slide presentasi Anda. Namun Anda tidak dapat memasukkan sembarang video atau audio ke dalam slide, karena tidak semua tipe audio maupun video mampu dimasukkan ke dalam slide.

Jika Anda menggunakan Microsoft PowerPoint 2010, Anda harus benar-benar melihat tipe eksetensi audio maupun video Anda. Karena salah-salah PowerPoint Anda bisa “Not Responding” akibat PowerPoint yang Anda gunakan tidak mendukung tipe eksetensi tersebut.

Jika Microsoft PowerPoint 2010 Anda ter-install tanpa Add-On apapun, maka format audio yang didukung adalah : .aiff, .au. mid, .midi, .mp3, .wav, .wma. Dan format video yang didukung adalah : .asf, .avi, .mpg, .mpeg, dan .wmv.

powerpoint-2010-vs-powerpoint-2013-bagian-3_1

Ketika PowerPoint 2013 dilluncurkan, terdapat beberapa format video dan audio lainnya yang didukung. Versi 2013 mendukung video dengan format : .mp4, .m4v, dan .mov. Dengan tambahan dukungan format audio pada .m4a dan .mp4 yang merupakan Advanced Audio Coding. Terlebih lagi dengan versi 2013 Anda dapat langsung klik dan geser video langsung dari folder Anda ke dalam slide. Lebih praktis dari versi 2010 yang mengharuskan Anda mengakses Tab Insert.

powerpoint-2010-vs-powerpoint-2013-bagian-3_2

Dengan bertambahnya format yang didukung ini membuat PowerPoint juga dapat menghasilkan video yang lebih baik lagi. Jika Anda suka membuat video menggunakan PowerPoint sekarang Anda dapat mengubah slide Anda menjadi .mp4, tentunya Anda juga masih dapat mengubah slide Anda menjadi .wmv jika mau. Berbeda dengan versi 2010 yang hanya bisa mengubah slide menjadi format .wmv saja. Dengan begini Anda dapat membuat video dengan resolusi yang lebih baik dibanding Anda menggunakan PowerPoint 2010.

Karena perbedaan format yang didukung, gunakan format video .wmv untuk pemutaran video terbaik pada PowerPoint 2010. Dan gunakan saja format .mp4 pada PowerPoint 2013. Untuk audio Anda dapat menggunakan .wav atau .wma untuk audio terbaik pada PowerPoint 2010, dan Anda dapat menggunakan format .m4a untuk audio terbaik pada PowerPoint 2013.

Pada pendukungan format video dan audio, jelas PowerPoint 2010 kalah dibandingkan dengan PowerPoint 2013. Jika Anda lebih banyak menggunakan video dari kamera maupun situs video seperti Youtube, tentu saja gunakan PowerPoint 2013. Jika Anda hanya memiliki PowerPoint versi 2010, ada baiknya Anda mengubah format video dan audio dengan software converter terlebih dahulu untuk mencegah eror ketika media dimasukkan ke dalam slide.

LEAVE A REPLY