Mengubah File PowerPoint Menjadi PDF

0
1834
belajar power point

Oleh : Odit Dwipantopo

Setelah presentasi, tidak jarang audiens Anda meminta slide PowerPoint yang Anda buat. Namun jika Anda berikan file PowerPoint, file Anda beresiko diubah sedikit dan atau digunakan kembali. Untuk melindungi file, Anda dapat mengubah tipe file menjadi jenis lain, contohnya PDF.

Untuk mengubah file PPT menjadi PDF mudah sekali. Untuk Anda yang menggunakan PowerPoint 2010 atau versi lebih baru Anda tidak perlu menggunakan Add-In tambahan dalam mengubah file. Caranya klik Tab File lalu klik Save As. Langkah ini dapat Anda percepat dengan menekan kombinasi CTRL + SHIT + S.

mengubah-file-powerpoint-menjadi-pdf_1

Akan terbuka sebuah dialog box, berikan nama sesuai keinginan. Pada Save Type As pilih PDF (*.pdf). Jika sudah klik Save untuk memulai proses pengubahan.

mengubah-file-powerpoint-menjadi-pdf_2

Tunggu proses hingga selesai. Lamanya proses tergantung banyaknya slide dan komputer yang Anda gunakan.

mengubah-file-powerpoint-menjadi-pdf_3

Untuk membuat file Anda lebih kecil, sebelum klik Save Anda dapat memilih Minimum Size (publishing online).

mengubah-file-powerpoint-menjadi-pdf_4

Selain melindungi file Anda, mengubah jenis file menjadi PDF juga akan memperkecil ukuran dari file, sehingga mempermudah ketika Anda harus mengirimkan lewat e-mail. Perbedaan ukuran ini bergantung juga dari banyaknya objek dan gambar yang Anda gunakan.

mengubah-file-powerpoint-menjadi-pdf_5

Kelebihan dari pengubahan jenis file menjadi PDF adalah Anda dapat mengubah slide-slide tertentu saja. Ketika Anda memilih PDF pada Save as Type, maka akan muncul beberapa pilihan baru. Klik pada Options.

mengubah-file-powerpoint-menjadi-pdf_6

Akan terbuka sebuah dialog box yang baru. Pilih Slide(s) dan tentukan awal dan akhir slide yang Anda ingin buat file PDF. Klik OK, lalu klik Save untuk memulai proses pengubahan.

mengubah-file-powerpoint-menjadi-pdf_7

Incoming search terms:

  • aplikasi merubah powerpoint ke pdf
  • ppt bentuk pdd

LEAVE A REPLY