Mengakses Presenter View PowerPoint 2010 dengan Satu Monitor

1
1441
presentasi

Oleh : Odit Dwipantopo

Untuk Anda pengguna Microsoft PowerPoint 2013, Presenter View dapat langsung Anda akses. Sehingga Anda dapat berlatih menggunakan fitur-fitur maupun beradaptasi dengan tampilan dari Presenter View. Namun berbeda ketika Anda menggunakan PowerPoint 2010, ketika Anda akan memberikan tanda centang pada Use Presenter View, akan terbuka dialog box yang bertuliskan “This feature is for use with more than one monitor, but only one monitor was detected. To see if your computer can display on multiple monitors, click the Check button”. Artinya Anda diminta untuk menggunakan lebih dari satu layar monitor, atau menggunakan projector.

mengakses-presenter-view-powerpoint-2010-dengan-satu-monitor_1

Dengan begini Anda pasti tidak bisa berlatih menggunakan Presenter View. Tidak mungkin kan Anda harus mencari layar monitor lain atau projector hanya untuk berlatih menggunakan Presenter View? Ada sebuah trik agar Anda dapat mengakses Presenter View tanpa menggunakan layar monitor tambahan atau projector sekalipun.

Yang perlu Anda adalah minimize semua program yang sedang Anda gunakan sehingga hanya terlihat Desktop saja. Lalu tekan TOMBOL WINDOWS + P, dan pilih Extend.

mengakses-presenter-view-powerpoint-2010-dengan-satu-monitor_2

Kembali lagi ke PowerPoint. Klik Tab Slide Show dan beri tanda centang pada Use Presenter View.

mengakses-presenter-view-powerpoint-2010-dengan-satu-monitor_3

Pada Show On, pilihlah Monitor 2.

mengakses-presenter-view-powerpoint-2010-dengan-satu-monitor_4

Jika Anda sekarang memasuki mode slide show dengan menekan F5 (atau SHIFT + F5 jika Anda ingin mulai dari slide yang sedang diakses). Anda akan langsung mengakses Presenter View. Dengan ini Anda bisa berlatih dan membiasakan diri dengan Presenter View, tanpa membutuhkan monitor tambahan, ataupun projector.

mengakses-presenter-view-powerpoint-2010-dengan-satu-monitor_5

Dengan menggunakan Presenter View, Anda dapat melihat catatan yang Anda tuliskan, sehingga Anda punya acuan untuk berbicara. Walaupun Anda menuliskan catatan, bukan berarti Anda hanya membaca catatan Anda. Selain itu, Anda pun dapat melihat slide berikutnya dan beberapa slide lainnya. Sehingga Anda dapat merangkai sebuah cerita yang kompak. Dan juga tidak ada materi yang tersampaikan duluan sebelum slide yang bersangkutan muncul. Anda pun diberi tahu waktu yang sudah Anda habiskan untuk presentasi. Sangat membantu untuk Anda yang presentasi dengan batasan waktu sempit.

Memang ada beberapa perbedaan antara Presenter View dari PowerPoint 2010 dan PowerPoint 2013. Tentu saja fitur yang dimiliki Presenter View PowerPoint 2013 lebih lengkap. Untuk melihat perbedaannya, Anda dapat melihat pada PowerPoint 2010 VS PowerPoint 2013 Bagian 5.

1 COMMENT

  1. Bagaimana kalau tulisan “show on” tidak bsa di tekan dan masih berwarna abu2. Dan kita jga tdak bsa men centang bagian “use presenter view”. Apa yg harus kita lakukan?

LEAVE A REPLY