Mengakses Fitur Merge pada PowerPoint 2010

0
1082

Oleh : Odit Dwipantopo

PowerPoint telah memberikan banyak pilihan objek bentuk untuk Anda gunakan. Namun apa yang Anda lakukan jika bentuk yang Anda inginkan ternyata tidak tersedia? Misal Anda ingin membuat bentuk mata. Biasanya yang Anda lakukan adalah membuka software lain seperti Corel Draw lalu membuatnya di sana, karena Anda dapat menggunakan fitur fitur seperti Trim dan lainnya untuk membuat objek baru.

Padahal semenjak PowerPoint 2010 diluncurkan, fitur serupa ada pada Corel Draw, yaitu fitur Merge atau biasa disebut fitur Combine Shape. Hanya saja pada PowerPoint 2010 fitur ini tidak langsung muncul pada Ribbon, sehingga masih banyak orang yang tidak menggunakan fitur ini.

Agar lebih mudah diakses Anda bisa menempatkan langsung fitur Merge pada Quick Access Toolbar. Caranya mudah sekali, Anda tinggal mengakses tanda panah pada Quick Access Toolbar lalu klik pada More Commands.

mengakses-fitur-merge-pada-powerpoint-2010_1

Pada Choose Commands From pilih Command not in the ribbon.

mengakses-fitur-merge-pada-powerpoint-2010_2

Klik pada Combine Shapes lalu klik Add agar fitur ini masuk ke dalam Quick Access Toolbar. Jika sudah klik OK untuk menutup dialog box.

mengakses-fitur-merge-pada-powerpoint-2010_3

Anda pun dapat langsung menggunakan fitur Merge langsung melalui Quick Access Toolbar.

mengakses-fitur-merge-pada-powerpoint-2010_4

Anda dapat membentuk objek baru dari objek bentuk yang disediakan oleh PowerPoint. Namun berbeda dengan Corel Draw, Anda tidak dapat melakukan Merge dengan foto/gambar maupun dengan teks.

Ada empat jenis fitur Merge yang bisa diakses pada PowerPoint 2010, yaitu :

  • Shape Union : menggabungkan dua objek atau lebih.
  • Shape Combine : menggabungkan dua objek namun menghilangkan irisannya.
  • Shape Intersect : menyisakan irisan antara dua buah objek.
  • Shape Substract : memotong objek pertama dengan objek keduamengakses-fitur-merge-pada-powerpoint-2010_5

Jika Anda menggunakan PowerPoint 2013, fitur Merge ini sudah langsung bisa Anda akses melalui Tab Format. Ada yang sedikit berbeda, pada PowerPoint 2013 Anda akan mendapatkan 1 tambahan fitur dalam Merge yaitu Shape Fragment. Dengan Shape Fragment Anda dapat memecah dua buah objek beserta irisannya. Namun sama dengan versi sebelumnya, pada PowerPoint 2013 pun Anda tidak dapat melakukan Merge pada foto maupun teks.

mengakses-fitur-merge-pada-powerpoint-2010_6

LEAVE A REPLY