Membuat Efek Polaroid pada PowerPoint

0
883
cara membuat power point

Oleh : Odit Dwipantopo

Menampilkan 1 foto bisa jadi sangat membosankan. Apalagi jika Anda tidak ingin foto itu menjadi latar belakang dari side Anda karena sulitnya menulis teks. Anda dapat menggunakan efek polaroid ini untuk membuat tampilan foto Anda lebih menarik, sehingga foto Anda akan Nampak seperti gabungan beberapa bingkai polaroid.

Pertama siapkan sebuah foto, lalu buatlah salinannya sebanyak bagian bingkai polaroid yang Anda inginkan. Sebagai contoh Anda ingin sebuah foto tersusun dari 4 buah bingkai polaroid, maka buatlah 4 slide yang memuat foto yang sama.

membuat-efek-polariod_1

Buatlah bingkai dengan cara klik Tab Insert >> Shapes >> Frame.

membuat-efek-polariod_2

Tipiskan lebar bingkai sesuai keinginan, gandakan sebanyak jumlah slide dan atur bingkai-bingkai pada gambar sesuai posisi yang Anda inginkan. Jangan lupa ubah warna bingkai menjadi putih dan garis tepinya menjadi hitam agar nampak seperti bingkai polaroid.

membuat-efek-polariod_3

Pilih satu bingkai lalu lakukan Cut (CTRL+X) lalu lakukan Paste (CTRL+V) pada slide lainnya. Lakukan terus sampai semua bingkai berada pada slide yang berbeda.

membuat-efek-polariod_4

Pada setiap slide lakukan Crop pada foto dengan cara klik pada foto lalu klik Tab Format >> Crop.

membuat-efek-polariod_5

Lakukan crop sehingga gambar hanya termuat pada bingkai saja. Klik di luar gambar untuk menyudahi crop. Jika sudah sorot bingkai dan foto kemudian buatlah menjadi sebuah grup dengan menekan kombinasi tombol CTRL+G.

membuat-efek-polariod_6

Lakukan crop kepada semua slide. Tentu saja sesuaikan pemotongan dengan bingkai pada masing-masing slide.

membuat-efek-polariod_7

Jika sudah lakukan Cut (CTRL+X) pada bingkai dan satukan semuanya pada sebuah slide. Anda boleh menghapus slide lainnya yang kosong.

membuat-efek-polariod_8

Anda dapat memberikan efek animasi Fade ketika presentasi untuk menampilkan bahwa foto Anda terbuat dari beberapa bingkai polaroid. Pastikan bingkai yang memuat fokus gambar berada pada bagian paling depan, pada contoh ini adalah gambar muka. Tentunya bingkai yang membuat gambar ini haruslah muncul paling terakhir dalam urutan animasi.

Sebagai tips ketika Anda memindahkan bingkai-bingkai, sebaiknya buat semua bingkai ini menjadi sebuah grup, agar kumpulan bingkai ini terlihat tetap kompak ketika dipindahkan atau bahkan diubah ukurannya.

LEAVE A REPLY