Memberi Sandi Pada Presentasi PowerPoint

0
1462
belajar power point

Oleh : Odit Dwipantopo

Adakalanya slide presentasi PowerPoint yang dibuat memuat informasi atau data yang sensitif, sehingga tidak boleh sembarangan dilihat oleh orang. Atau jika Anda ingin menyebarkan slide ke orang-orang tertentu saja, namun tetap khawatir file dapat tersampaikan ke orang yang tidak tepat. Untuk kasus-kasus seperti ini Anda membutuhkan proteksi pada slide PowerPoint Anda. Salah satu cara adalah dengan memberikan kata sandi alias password. Sehingga Anda tidak perlu khawatir file Anda sampai ke orang yang tidak tepat, karena orang tersebut tidak bisa membuka file tanpa sandi dari Anda.

Langkah untuk memberikan sandi ke file PowerPoint mudah sekali. Pertama klik Tab File >> Protect Presentation >> Encrypt with Password.

memberi-sandi-pada-presentasi-powerpoint_1

Tulisan sandi yang Anda inginkan pada Password. Pastikan Anda mengingat sandi yang digunakan, karena file ini tidak akan bisa terbuka jika Anda melupakan sandinya. Sandi bisa berupa huruf besar, huruf kecil, ataupun angka. Jika sudah yakin klik OK.

memberi-sandi-pada-presentasi-powerpoint_2

Tuliskan kembali sandi yang Anda gunakan pada Reenter password. Pastikan sandi yang Anda masukkan sama dengan yang sebelumnya. Fungsinya adalah verifikasi andaikan, Anda salah menulis sandi pada pertama kali. Klik OK jika sudah yakin.

memberi-sandi-pada-presentasi-powerpoint_3

Jika berhasil maka pada Permission akan menjadi warna merah dan terdapat tulisan,”A password is required to open this presentation.”

memberi-sandi-pada-presentasi-powerpoint_4

Tutup file PowerPoint Anda, dan lakukan Save jika diminta. Ketika Anda akan membuka file PowerPoint yang diproteksi, akan terbuka sebuah dialog box. Anda tinggal memasukkan sandi yang sudah Anda tentukan sebelumnya dan file pun terbuka secara normal.

memberi-sandi-pada-presentasi-powerpoint_5

Anda pun dapat mengubah sandi dengan cara klik Tab File >> Protect Presentation >> Encrypt with Password. Ketika dialog box muncul Anda tinggal mengganti sandi yang lama dan sandi yang baru, dan ketikkan sekali lagi pada Reenter password. Jangan lupa melakukan save sehingga sandi terganti menjadi yang baru.

Jika Anda ingin menghilangkan sandi Anda dapat melakukan klik Tab File >> Protect Presentation >> Encrypt with Password pada file yang sudah terproteksi. Pada dialog box, kosongkan kolom Password dan klik OK. Sehingga Permission tidak akan berwarna merah lagi. Terakhir klik Save, dan file Anda pun sudah terbebas dari sandi.

memberi-sandi-pada-presentasi-powerpoint_6

LEAVE A REPLY