5 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Presentasi

0
1723

Oleh : Odit Dwipantopo

Mungkin yang Anda pikirkan presentasi hanyalah berbicara dengan bantuan media untuk menyampaikan sebuah pesan. Pikiran sederhana seperti inilah yang terkadang membuat Anda melupakan hal-hal detail yang justru akan mengacaukan presentasi Anda. Oleh karena itu, hindari 5 kesalahan berikut pada saat Anda melakukan presentasi.

  1. Membuka Presentasi Dengan Merendah

Bukan berarti Anda harus sombong ketika mengawali presentasi, namun Anda tetap tidak boleh merendah saat membuka presentasi, sekalipun memang benar masih banyak yang lebih kompeten dari Anda. Hindari kalimat-kalimat pembuka seperti “Saya sebenarnya tidak terlalu banyak tahu tentang materi ini” atau “Saya harap presentasi ini tidak membuat Anda bosan”. Karena kalimat-kalimat yang merendah ini malah akan menurunkan kepercayaan audiens kepada Anda, padahal audiens hadir pada presentasi untuk mendapatkan sebuah cerita dan pesan dari Anda. Ingat audiens itu membutuhkan sesuatu ketika mereka datang ke sebuah presentasi, jangan kecewakan mereka dengan hal kecil seperti ini.

5-kesalahan-yang-harus-dihindari-saat-presentasi_1

  1. Membaca Slide

Lebih tepatnya, slide Anda terlalu banyak teks dan parahnya Anda membaca slide tersebut. Audiens datang ingin mendengar Anda bercerita. Ingat, slide PowerPoint hanyalah sebuah media untuk membantu menyampaikan pesan Anda. Jika Anda masih membaca slide, lebih baik cetak saja slide-slide Anda lalu berikan satu-persatu kepada audiens. Lebih mudah bukan? Bercerita memang butuh banyak latihan, namun semakin banyak latihan tentunya Anda akan semakin ahli.

5-kesalahan-yang-harus-dihindari-saat-presentasi_2

  1. Mengabaikan Visual

Visual yang dibahas di sini bukan hanya gambar atau foto. Jika Anda kesulitan dalam mencari foto And juga dapat menggunakan ikon sebagai visualisasi pesan Anda. Tidak hanya cerita yang butuh visualisasi, data yang Anda tampilkan pun perlu dibuat visualisasi yang menarik namun tak merubah informasi. Anda dapat menggunakan diagram donat yang dimodifikasi untuk menampilkan data dalam bentuk persen. Atau membuat diagram tumpuk untuk membandingkan jumlah. Tentunya berikan sesuatu yang berbeda pada data tertentu yang ingin Anda tunjukkan agar perhatian audiens langsung terfokus. Jadi jangan hanya menampilkan langsung data atau grafik dari Excel. Karena hal ini akan membuat audiens menjadi bingung dan tidak fokus. Akibatnya presentasi Anda pun membosankan.

5-kesalahan-yang-harus-dihindari-saat-presentasi_3

  1. Animation Overload

Memang benar yang membedakan PowerPoint dengan produk Office lain, salah satunya adalah animasi. Namun bukan berarti semua gambar, teks, dan grafik yang ada pada slide harus memiliki Animasi. Ingat gunakan animasi seperlunya saja, animasi itu berfungsi untuk membuat audiens fokus terhadap sebuah pesan. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika ada sebuah slide yang tidak memiliki animasi. Animasi yang berlebihan justru akan membuat visual menjadi tidak nyaman.

5-kesalahan-yang-harus-dihindari-saat-presentasi_4

  1. Menggunakan Bullets Point

Sebuah “jebakan” lainnya dari PowerPoint selain font Calibri, yaitu Bullets Point. Ketika Anda membuka PowerPoint pasti saja Anda akan melihat Bullets Point ketika menulis pada slide. Lupakan Bullets Point dan gunakan gambar, ikon, dan kata kunci sebagai pengganti. Anda pun dapat menggunakan bantuan Smart Art untuk menghindari Bullets Point ini. Ingat Bullets Point adalah salah satu fitur PowerPoint yang perlu Anda tinggalkan, kecuali Anda ingin presentasi Anda membosankan.

5-kesalahan-yang-harus-dihindari-saat-presentasi_5

LEAVE A REPLY